Sabtu, 16 Mei 2009

PENGARUH BAN TERHADAP KENYAMANAN BERKENDARA

Salah satu bagian sepeda motor yang kurang diperhatikan oleh pengendara sepeda motor adalah bagian ban. Padalah sebenarnya ban memiliki fungsi yang penting. Sebab, kenyamanan dan keselamatan anda dalam berkendara dapat ditentukan oleh kondisi ban motor. Oleh sebab itu, memilih ban motor yang tepat sebaiknya mulai anda lakukan dari sekarang.
Pertama pilihlah ukuran atau lebar ban motor yang sesuaidengan kebutuhan anda. Menggunakan ban dengan ukuran yang lebar dan kecil dapat menimbulkan gaya gesek dengan jalan yang lebih kecil. Sehingga, tenaga dari sepeda motor tidak banyak yang habis gara-gara pergesekan dengan bidang jalan. Nah, kecilnya bidang gesek ini biasanya akan membuat sepeda motor anda beresiko mudah terpeleset jika melewati jalan yang berbatu atau tidak rata. Sebaliknya, jika ban motor memiliki ukuran yang lebar, maka sepeda motor akan cenderung lebih stabil, walaupun banyak tenaga yang terbuang karena besarnya gaya gesek ban dan jalan.
Kedua, demi keamanan anda selama berkendara, perhatikan juga jenis bannya. Ada dua pilihan untuk ban, yaitu ban kering dan ban basah. Apabila anda menggunakan ban kering ketika musim hujan tentunya akan membuat kinerja ban kurang maksimal. Sebaliknya ketika menggunakan ban basah ketika kondisi jalan kering juga tidak maksimal. Sebab, bidang ban yang menapak ke jalanan lebih kecil karena banyak alur yang digunakan untuk membuang air. Namun, penggunaan ban basah saat kondisi jalanan kering jauh lebih aman daripada penggunaan ban kering saat hujan.
Ketiga ban motor yang baik adalah motor yang tidak mudah aus. Demi keamanan tingkat keausan pada ban sebaiknya dipantau dengan baik-baik. Menggunakan ban yang sudah aus dapat membuat sepeda motor hilang keseimbangan terutama di jalan yang licin. Selain itu agar ban motor tetap awet dan tidak cepat aus, sebaiknya anda selektif dalam memilih jalur berkendara dan anda harus mulai menghindari jalan-jalan yang memiliki resiko merusak ban motor. Contoh jalan-jalan seperti adalah jalan yang berlubang, tidak rata, licin dan tajam. Walaupun jalan-jalan yang seperti ini biasanya lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Lebih baik melewati jalan-jalan yang aman, seperti kata pepatah “Biar Lambat Asal Selamat (BLAS).

Tidak ada komentar:

Page Rank

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service